INFO

Bagaimana Mengaktifkan/Menonaktifkan Transfer USB Pada Ponsel Android

Bagaimana mengaktifkan/menonaktifkan transfer USB pada ponsel android – Pada dasarnya ada 2 cara untuk memindahkan file dari komputer ke ponsel android maupun sebaliknya melalui USB atau melalui WIFI. Bagi anda yang sering melakukan tranfer file melalui USB, biasanya dengan menyambungkan ponsel android ke komputer akan langsung terdeteksi memori penyimpanan dan bisa langsung memindahkan file yang anda inginkan. Tetapi bagaimana jika anda menginginkan kondisi dimana saat USB mulai disambungkan komputer maupun ponsel tidak mendeteksi perangkat atau komputer tidak mendeteksi perangkat penyimpanan internal pada komputer untuk tujuan salahsatunya menghindari serangan virus yang ada di komputer teman anda ataupun komputer anda. Dengan mengetahui bagaimana cara menonaktifkan USB tranfer, sebaiknya ikuti langkah-langkah berikut karena caranya cukup mudah.

Bagaimana mengaktifkan/menonaktifkan transfer USB pada ponsel android?


Pada Android versi 2.0 – 2.3

Masuk ke menu pengaturan, kemudian pilih aplikasi, kemudian pilih pengembang, setelah masuk pilih dan centang USB Debugging [bahasa indonesia] Masuk ke menu setting, kemudian pilih applications, kemudian pilih Development, setelah masuk pilih dan centang USB Debugging [bahasa inggris]

Pada Android versi 3.0 – 4.1
Masuk ke menu pengaturan, kemudian pilih opsi pengembang, setelah masuk centang pada USB Debugging [bahasa indonesia] Masuk ke menu setting, kemudian pilih developer option, setelah masuk centang pada USB Debugging [bahasa inggris]

Pada Android versi 4.2 – versi atasnya
Untuk Android versi 4.2 dan versi atasnya, menu opsi pengembang sudah disembunyikan. Untuk menampilkan opsi pengembang dan USB Debugging bisa diaktifkan, caranya sebagai berikut:

1. Masuk ke menu pengaturan/setting
2. Pilih tentang ponsel/about phone
3. Pilih nomer bentukan/build number
4. Ketuk atau tap pada tulisan nomer bentukan/build number selama 7-9 kali sampai muncul pesan opsi pengembang/developer option telah diaktifkan.
5. Setalah itu, kembali ke menu setting. Apabila berhasil akan ada menu opsi pengembang di atas menu tentang ponsel. Pilih opsi pengembang kemudian centang pada kolom USB Debugging.

Pada Android versi 5.0
Caranya sama seperti pada Android versi 4.2 yaitu dengan masuk ke pengaturan, pilih tentang ponsel, pilih nomer bentukan, tap atau ketuk selama 7-9 kali. Kemudian masuk lagi ke pengaturan, pilih opsi pengembang, kemudian centang pada kolom USB debugging.

Pada Android versi 6.0
Untuk cara mengaktifkan USB di android versi 6.0 marshmallow caranya mirip versi 4.2 dan versi 5.0. dengan cara masuk ke pengaturan/setting, pilih tentang ponsel/about phone, pilih informasi perangkat, pilih nomer bentukan, tap atau ketuk 7-9 pada nomer bentukan sampai ada pesan “anda sudah menjadi pengembang”, setelah itu masuk ke pengaturan, pilih opsi pengembang, setelah masuk ke opsi kemudian aktifkan USB debungging.
Dengan mengaftifkan USB Debugging berarti anda bisa melakukan tranfer data ataupun file ke perangkat yang anda sambungkan. Apabila anda tidak ingin menonaktifkan tranfer USB, tinggal menonaktifkan pilihan pada USB debugging yang secara otomatis nanti akan dinonaktifkan. Begitulah kira-kira cara mengaktifkan/mononaktifkan tranfer USB. Semisal ada yang kurang jelas, bisa tanya dengan menyampaikan pada kolom komentar.

Leave a Reply