FLASHING

Cara Flash Zenfone 2 Laser ‏(ZE550KL) Marshmallow

Awal Juli kemarin Asus ZenFone 2 Laser ‏(ZE550KL)‏ mendapatkan update ke Android Marshmallow atau Android versi 6. Ada 2 cara bagaimana ponsel Zenfone 2 Laser anda bisa beralih dari sistem yang lama Lollipop ke OS Android yang baru Marshmalow, yaitu dengan mengupdatenya secara langsung via OTA (update otomatis dari ponsel melalui internet) atau bisa dengan update manual. Bagi pengguna yang ingin mengupdate dari Android versi 5 Lollipop ke versi 6 Marshmallow secara manual, di artikel ini anda bisa mengikuti petunjuk bagaimana cara flash ZenFone 2 Laser ‏(ZE550KL)‏ Marshmallow secara mudah dan aman. Sebagai catatan penting, disarankan untuk membaca terlebih dahulu fitur-fitur dan perubahan yang terjadi bila update ke marshmallow, persiapan sebelum update, alat-alat yang dibutuhkan, dan ikuti langkah update secara berurutan.

FITUR DAN PERUBAHAN:
Peningkatan Sistem:
– Update OS ke Android M (Marshmallow)
– Aplikasi App2SD tidak support di android di Marshmallow. Backup file sebelum anda mengupdatenya ke Android Marshmallow.
– Perbaikan pemasangan sintel SIM pada saat akan restart
– Fungsi multi-user tidak akan didukung jika akun dihapus. Harap menjaga akun Anda untuk melanjutkan penggunaan.
– Dihapusnya beberapa aplikasi yang ada di OS Lollipop seperti: ASUS Backup, Mirror, Remote Link, Party Link, PC Link, Photo Frame, What’s Next, ASUS MyFrame, ASUS MyWater, Omlet, Data Transfer, Snap View, Dr. Eye.
– Hadirnya fitur baru dan aplikasi baru: Google Calendar, Google Messenger, Motion Gesture, dan untuk Kamera penambahan mode Pano Sphere
– Dihapusnya berapa layanan Asus seperti Asus Email, Asus Calendar, Asus Messaging setelah Factory Reset. Sebagai gantinya anda bisa menggunakan Gmail, Google Calendar, Google Messenger untuk layanan yang lebih relevan.

CARA FLASH ZENFONE 2 LASER ‏(ZE550KL) MARSHMALLOW
Persiapan:
– Pastikan terdapat ruang kosong di penyimpanan Internal sedikitnya 2GB.
– Cara ini hanya berjalan pada ponsel ZenFone 2 Laser ‏(ZE550KL)
– Pastikan Baterai full atau minimal masih sisa 50-60%
– Bila ada file penting, lebih baik dibackup dulu.
– Bila ada kesalahan pada hardware maupun software pada proses ini, resiko sepenuhnya ditanggung sendiri.

File yang dibutuhkan:
– Firmware ZenFone 2 Laser ‏(ZE550KL) Marshmallow (size 1.62 GB) »download«
– ADB and fastboot driver untuk windows »download«

Petunjuk cara flash ZenFone 2 Laser ‏(ZE550KL) Marshmallow:
Langkah 1: Aktifkan USB Debugging, caranya pilih Setting kemudian pilih Pilihan Pengembang (Develover Option) selanjutnya aktifkan USB Debugging. Bila belum ada menu Develover Option bisa baca “Bagaimana mengaktifkan/menonaktifkan USB Debugging pada ponsel android?”
Langkah 2: Download Firmware ZenFone 2 Laser ‏(ZE550KL) Marshmallow .zip, bila sudah memiliki filenya langkah ini bisa dilewati.
Langkah 3: Matikan ponsel dan boot ke mode recorvery dengan tombol Power + Volume bawah.
Langkah 4: Pilih Terapkan Update dari ADB
Langkah 5: Sambungkan ponsel anda ke PC/laptop lewat kabel USB
Langkah 6: Pada Firmware Marshmallow tekan shift + klik kanan dan klik pada open command here
Langkah 7: Sekarang ketik “adb service” tanpa tanda kutip
Langkah 8: Untuk Flash ROM ketikkan perintah “adb sideload nama_file_zip_anda.zip” sebagai contoh file .zip anda namanya Update Marshmallow v6.0 jadi perintahnya “adb sideload Update Marshmallow v6.0.zip” tanpa tanda petik.
Langkah 9: Tunggu sampai proses selesai dan ponsel anda kini sudah update ke Android M

Begitulah petunjuk bagaimana cara flash ZenFone 2 Laser ‏(ZE550KL) Marshmallow, mudah bukan?? Apabila masih bingung dan ada pertanyaan silahkan bertanya di kolom komentar.

Leave a Reply