INFO

Tips Membeli Ponsel Xiaomi Terbaru

Kalian yang ingin atau tertarik membeli smartphone baru dan cenderung memilih smartphone Xiaomi sebagai pilihan, ada beberapa tips membeli ponsel Xiaomi terbaru yang bisa dijadikan acuan untuk tidak salah pilih dan kecewa dalam membeli hape-baru. Sedikit informasi bahwa Xiaomi saat ini merupakan ponsel yang nilai penjualannya cukup tinggi dan mampu bersaing dengan ponsel ternama lainnya seperti Sony, LG, maupun Samsung. Pabrikan ponsel asal Tiongkok tersebut bisa berkembang sampai sekarang dikarenakan didukung adanya layanan yang lengkap dan punya komunitas pengguna maupun developer yang banyak.

Di bawah ini beberapa tips membeli ponsel Xiaomi terbaru berdasarkan pengalaman pribadi maupun hasil survey dari berbagai pengguna.

CARI INFO TENTANG PONSEL YANG AKAN DIBELI

Jangan salah pilih, cari berita atau review mengenai ponsel Xiaomi mengenai kelebihan dan kekurangannya serta harga yang ditawarkan. Untuk harga bandingkan dari toko ke toko atau bisa lihat dari toko online seperti lazada, bibli, shopee, dan yang lainnya. Jangan bingung antara model ponsel Xiaomi satu dengan model lainnya, untuk urutan dari kelas rendah ke kelas level tinggi ditandai dengan model Redmi – Redmi Note – Mi – Mi Note.

LIHAT SPESIFIKASINYA

Sangat penting untuk mengetahui jenis spesifikasi dari ponsel Xiaomi yang akan kalian beli. Lihat fitur-fitur terbarunya dan uji performanya. Dari desain, layar, performa daleman ponselnya, baterainya, kualitas kameranya, dan ketahanan ponsel terhadap gesekan maupun ganggungan lainnya.

CEK GARANSI XIAOMI

Ini hal yang sangat penting bagi yang baru pertama kali ingin membeli ponsel Xiaomi dan kenapa ponsel Xiaomi yang beredar dijual sangat murah. Ponsel Xiaomi yang beredar di Indonesia terdiri dari 2 tipe garansi yaitu garansi Distributor dan garansi Resmi. Tentu untuk kualitas ponsel yang memiliki garansi resmi akan dijual lebih mahal dibanding ponsel yang hanya garansi toko. Saat ini banyak seller yang menjual ponsel Xiaomi dengan garansi Distributor dibanding dengan yang bergaransi Resmi. Untuk kualitas tidak jauh beda, yang membedakan layanan untuk garansi service yang diberikan. Ponsel Xiaomi yang bergaransi resmi diedarkan dengan garansi TAM yang bisa diklaim ke service center Xiaomi sedangkan untuk garansi distributor hanya mendapat garansi toko saat kalian beli. Pastikan tanya dulu sama pihak penjualnya mengenai garansi dan cara klaimnya.

JENIS ROM ATAU OS YANG DIPAKAI

Jika kalian membeli ponsel Xiaomi dengan garansi Distributor kebanyakan akan mendapat ROM dengan tampilan China atau menggunakan bahasa China. Pada pilihan bahasa tidak ada bahasa Indonesia, hanya mendukung dua bahasa yaitu bahasa Cina dan bahasa Inggris. ROM tersebut adalah ROM dengan versi China, jadi jangan khawatir jika kalian menduga telah salah beli ponsel Xiaomi abal-abal atau palsu. Kalian bisa mengubahnya ke versi Global Stable ROM yang ada bahasa Indonesianya dengan menginstal/flash ROM Global. Ada 3 jenis ROM, yaitu ROM Stable (yang paling stabil), ROM China, dan ROM dev.

Leave a Reply